Mengapa Trikora Dikeluarkan di Yogyakarta dan Bagaimana Bunyi Naskah Trikora?

 on Friday, February 19, 2016  

Pendidikan Zone - Mengapa Trikora Dikeluarkan di Yogyakarta dan Bagaimana Bunyi Naskah Trikora? - Tri Komando Rakyat (Trikora) - Untuk lebih meningkatkan perjuangan, pada tanggal 9 Desember 1961 Presiden Soekarno mengeluarkan komando yang dikenal dengan nama Tri Komando Rakyat (Trikora) di Yogyakarta.

Pemilih waktu dan tempat penyampaian Trikora adalah Mr. Moh Yamin, dengan pertimbangan bahwa tanggal 19 Desember 1948 merupakan Agresi Belanda II dengan pemboman atas Yogyakarta di Maguwo. Kota Yogyakarta dipilih, juga untuk mengenang usaha pengusiran Belanda dari Batavia (Jakarta) oleh SultanAgung pada tahun 1628 dan 1629.

Berikut ini Naskah Tri Komando Rakyat (Trikora) selengkapnya:

Mengapa Trikora Dikeluarkan di Yogyakarta dan Bagaimana Bunyi Naskah Trikora?

TRI KOMANDO RAKYAT

Kami, Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia dalam rangka politik konfrontasi dengan pihak Belanda untuk membebaskan Irian Barat telah memberikan instruksi kepada Angkatan Bersenjata untuk pada setiap waktu yang kami akan tetapkan menjalankan tugas kewajiban membebaskan Irian Barat Tanah Air Indonesia dari belenggu kolonialisme Belanda.

Dan kini, oleh karena belanda masih tetap mau melanjutkan kolonialisme di Tanah Air kita Irian Barat, dengan memecah belah Bangsa dan Tanah Air Indonesia maka kami perintahkan kepada rakyat Indonesia, juga yang berada di daerah Irian Barat, untuk melaksanakan Tri Komando sebagai berikut:
  1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda Kolonial.
  2. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat Tanah Air Indonesia.
  3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan Tanah Air dan Bangsa.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati perjuangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Yogyakarta, 19 Desember 1961
Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia
Pimpinan Besar Revolusi Indonesia/Panglima Besar Komando Tertinggi Pembebasan Irian Barat
SOEKARNO
Mengapa Trikora Dikeluarkan di Yogyakarta dan Bagaimana Bunyi Naskah Trikora? 4.5 5 Unknown Friday, February 19, 2016 Pendidikan Zone - Mengapa Trikora Dikeluarkan di Yogyakarta dan Bagaimana Bunyi Naskah Trikora? - Tri Komando Rakyat (Trikora) - Untuk lebi...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!