Kapan Komando Mandala Pembebasan Irian Barat Dibentuk, Siapa Panglima Mandala?

 on Friday, February 19, 2016  

Pendidikan Zone - Kapan Komando Mandala Pembebasan Irian Barat Dibentuk, Siapa Panglima Mandala? - Pembentukan Komando Mandala Pembebasan Irian Barat - Setelah dikeluarkan sebuah komando (Trikora) oleh Presiden Soekarno, selanjutnya pemerintah Indonesia, segera membentuk Provinsi Irian Barat gaya baru. Ibu kotanya di kota baru (Jayapura), dengan putra Irian sebagai Gubernurnya.

Pemerintah juga membentuk suatu komando yang disebut Komando Mandala Irian Barat, pada tanggal 2 Januari 1962. Selaku panglima Mandala ditunjuk Brigadir Jendral Soeharto, dengan markas besarnya di Makasar.

Pada tanggal 13 Januari 1962, Brigadir Jendral Soeharto dilantik dan dinaikan pangkatnya menjadi mayor jendral. Pada bulan Januari itu juga ditetapkan susunan Komando Tertinggi Pembebasan Irian Barat sebagai berikut:

Kapan Komando Mandala Pembebasan Irian Barat Dibentuk, Siapa Panglima Mandala?

  1. Panglima Besar Komando Tertinggi: Presiden/Panglima Tertinggi Soekarno
  2. Wakil Panglima Besar : Jendral A. H. Nasution
  3. Kepala Staf : Mayor Jendral Ahmad Yani

Adapun susunan Komando Mandala Pembebasan Irian Barat adalah sebagai berikut:
  1. Panglima Mandala: Mayor Jendral Soeharto
  2. Wakil Panglima I: Kolonel Laut Subono
  3. Wakil Panglima II: Kolonel Udara Leo Wattimena
  4. Kepal Staf Umum: Kolonel Achmad Tohir

Pada tanggal 15 Januari 1962, sebelum Komando Mandala menyelesaikan konsolidasinya telah terjadi pertempuran Laut Aru. Pertempuran yang tidak seimbang itu terjadi antara tiga perahu motor torpedo boat (MTB) yang bergabung dalam kesatuan patroli cepat, yakni RI Macan Tutul, RI Macan Kumbang, dan RI Harimau yang sedang patroli rutin di Laut Arafuru, motor torpedo boat (MTB) ALRI melawan kapal perusak dan Fregot (kapal perang) Belanda.

Akhirnya MTB Macan Tutul terbakar dan tenggelam, sehingga menyebabkan gugurnya Komodor Yos Sudarso. Deputi Kepala Staf ALRI dan Kapten Laut Wiratno beserta awak kapalnya selamat.

Untuk mengenang peristiwa tersebut setiap tanggal 15 Januari di peringati sebagai hari Samudra.
Kapan Komando Mandala Pembebasan Irian Barat Dibentuk, Siapa Panglima Mandala? 4.5 5 Unknown Friday, February 19, 2016 Pendidikan Zone - Kapan Komando Mandala Pembebasan Irian Barat Dibentuk, Siapa Panglima Mandala? - Pembentukan Komando Mandala Pembebasan I...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!