Soal Ulangan IPS Materi Peta Pola dan Bentuk Permukaan Bumi

 on Wednesday, January 6, 2016  

Pendidikan Zone - Soal Ulangan IPS Materi Peta Pola dan Bentuk Permukaan Bumi - Berikut ini contoh soal latihan dan ulangan harian mata pelaharan IPS dengan materi Peta Pola dan Bentuk Permukaan Bumi.

Soal:

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tersedia, dan kerjakan di kertas lain!

1. Pada objek yang digambar pada peta umum, warna hijau berarti ….
a. laut dalam
c. dataran rendah
b. laut dangkal
d. gunung tinggi

Soal Ulangan IPS Materi Peta Pola dan Bentuk Permukaan Bumi

2. Pernyataan yang paling benar di bawah ini adalah ….
a. Merah memanjang menggambarkan jalan raya
b. Hitam putih memanjang menggambarkan jalan kereta api
c. Merah dengan bentuk persegi panjang menggambarkan kota propinsi
d. Hitam dengan bentuk lingkaran menggambarkan kota

3. Tingkat kebiruan pada peta umum menunjukkan ….
a. ketinggian daratan
b. kerapatan hutan
c. kedalaman perairan
d. kerapatan penduduk

4. Tingkat kecoklatan pada peta umum menunjukkan ….
a. ketinggian daratan
b. kerapatan hutan
c. kedalaman perairan
d. kerapatan penduduk

5. Gambar jangkar dalam peta umum menunjukkan simbol ....
a. bandar udara
b. pelabuhan
c. Stasiun
d. Terminal

II. Jawablah dengan singkat pertanyaan-pertanyaan berikut ini! Kerjakan di kertas lain!
  1. Sebutkan isi peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi!
  2. Apakah yang dimaksud dengan interpretasi peta?
  3. Apa beda antara peta umum dengan peta tematik?
  4. Apa fungsi warna dalam sebuah peta?
Jawaban:
Romawi I:
  1. c. dataran rendah
  2. a. Merah memanjang menggambarkan jalan raya
  3. c. kedalaman perairan
  4. a. ketinggian daratan
  5. b. pelabuhan
Romawi II:
  1. Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi berisi analisa bentuk muka bumi pada peta, diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut dan deskripsi pola dan bentuk obyek geografi sesuai dengan bentang alamnya.
  2. Interpreasi peta merupakan kegiatan membaca peta dengan cara memaknai isi peta atas dasar simbol-simbol yang ada. Hal ini disebabkan penggambaran bentuk-bentuk muka bumi dan obyek geografi lainnya dalam peta tidak digambar sesuai dengan bentuk aslinya, tetapi digambarkan dalam bentuk simbol.
  3. Interpretasi peta tematik lebih mudah dibandingkan dengan interpretasi peta umum karena legenda yang menjelaskan simbol-simbol dalam peta terdapat dalam peta. Sedangkan dalam peta umum legenda ada di luar peta. Di dalam atlas legenda peta umum ada di bagian depan dari atlas. Sebagian besar isi atlas berupa peta umum, namun di bagian depan biasanya terdapat beberapa peta tematik seperti: Peta Kepadatan Penduduk Indonesia, Peta Jalur Transportasi, Peta Fauna Utama Indonesia, Peta Hasil Bumi dan Laut Indonesia, Peta Hasil Tambang Indonesia, dan Peta Persebaran Daerah Industri. Di antara peta-peta tematik tersebut, yang menggunakan simbol warna hanyalah Peta Kepadatan Penduduk Indonesia. Arti dari simbol warna dalam peta tematik berbeda dengan simbol warna dalam peta umum. Jika akan interpretasi peta wilayah lautan, maka jenis peta apa yang akan kita interpretasi? Peta umum atau peta tematik. Jika menggunakan peta umum, kita hanya akan memperoleh informasi tentang kedalaman air laut. Jika yang diinginkan tentang relief dasar laut, maka harus interpretasi dari peta tematik yang berupa peta kontur dasar laut.
  4. Warna pada peta umum dapat digunakan mengetahui bentuk permukaan bumi. Kenampakan yang berbentuk dataran rendah, dataran tinggi, gunung berapi, pegunungan, danau, laut, sungai, rawa, dapat dikenali melalui warna dalam peta. Simbol warna dalam peta tematik mempunyai arti yang berbeda dengan simbol warna dalam peta umum.
Soal Ulangan IPS Materi Peta Pola dan Bentuk Permukaan Bumi 4.5 5 Unknown Wednesday, January 6, 2016 Pendidikan Zone - Soal Ulangan IPS Materi Peta Pola dan Bentuk Permukaan Bumi - Berikut ini contoh soal latihan dan ulangan harian mata pel...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!