Contoh Soal Latihan PKn tentang Prestasi Diri Lengkap dengan Jawabannya

 on Saturday, December 19, 2015  

Pendidikan Zone - Contoh Soal Latihan PKn tentang Prestasi Diri Lengkap dengan Jawabannya - Berikut ini contoh soal untuk Latihan, tugas, maupun Ulangan Harian yang dilengkapi dengan jawabannya:

Soal:
  1. Apa yang dimaksud dengan prestasi?
  2. Sebutkan upaya yang harus dilakukan agar dapat berprestasi!
  3. Apa yang dimaksud dengan manusia yang berpotensi?
  4. Sebutkan klasifikasi potensi secara umum!
  5. Sebutkan beberapa contoh kepribadian manusia!
  6. Sebutkan macam-macam potensi manusia secara umum!
  7. Sebutkan hambatan yang mungkin muncul dalam upaya mengembangkan potensi!
Contoh Soal Latihan PKn tentang Prestasi Diri Lengkap dengan Jawabannya

Jawaban:
  1. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan.
  2. Prestasi setiap orang tidak selalu sama dalam berbagai bidang. Beberapa upaya yang dilakukan manusia agar berprestasi: a). Semenjak usia dini telah dilakukan pencarian bibit-bibit berbakat. b). Dididik dan dilatih secara bertahap serta terprogram dengan baik. c). Secara periodik, diadakan evaluasi dan diberikan umpan balik (feedback). d). Diuji coba melalui kompetisi dari yang level reguler sampai dengan yang profesional. e). Berkompetisi secara profesional dalam jangka waktu tertentu.
  3. Manusia yang berpotensi adalah bagaimana mendayagunakan potensi tersebut untuk meraih prestasi.
  4. Secara umum, potensi dapat diklasifikasikan sebagai berikut: a). Kemampuan dasar, seperti tingkatan inteligensi, kemampuan abstraksi, logika, dan daya tangkap. b). Sikap kerja, seperti ketekunan, ketelitian, tempo kerja, dan daya tahan terhadap tekanan. c). Kepribadian, yaitu pola menyeluruh terhadap semua kemampuan, perbuatan, dan kebiasaan seseorang, baik yang jasmani, rohani, emosional, maupun sosial yang ditata dengan cara yang khas di bawah aneka pengaruh dari luar. Pola ini berbentuk tingkah laku dalam usahanya menjadi manusia sebagaimana yang dikehendaki.
  5. Beberapa contoh kepribadian, antara lain ikhlas, tulus, lincah, cerdas, dan lain sebagainya.
  6. Secara umum, macam-macam potensi manusia terbagi menjadi potensi fisik, potensi mental intelektual (intelectual quotient), potensi sosial emosional (emotional quotient), potensi mental spiritual (spiritual quotient), dan potensi ketangguhan (adversity quotient).
  7. Beberapa hambatan yang mungkin muncul dalam upaya mengembangkan potensi diri, yaitu sebagai berikut: a). Hambatan yang berasal dari lingkungan, yaitu hambatan yang disebabkan oleh sistem pendidikan yang dianut, lingkungan belajar/bekerja, dan kebiasaan atau budaya tertentu dalam lingkungan masyarakat. b). Hambatan yang berasal dari individu sendiri, merupakan faktor penghambat yang muncul dari sikap negatif seseorang, misalnya berprasangka buruk, tidak memiliki tujuan yang jelas, dan enggan mengenal dirinya sendiri. Hal lain adalah tidak mau menerima umpan balik, kurang mau mengambil risiko, takut situasi baru, sikap acuh tak acuh, selalu mencari kambing hitam, dan sebagainya. Ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu agar orang menjadi kreatif, yaitu berpikiran terbuka, keingintahuan yang tinggi, berani mencoba, dan tidak mudah menyerah.
Contoh Soal Latihan PKn tentang Prestasi Diri Lengkap dengan Jawabannya 4.5 5 Unknown Saturday, December 19, 2015 Pendidikan Zone - Contoh Soal Latihan PKn tentang Prestasi Diri Lengkap dengan Jawabannya - Berikut ini contoh soal untuk Latihan, tugas, m...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!