Sebutkan Contoh Tokoh Kreatif dari Indonesia!

 on Saturday, December 19, 2015  

Pendidikan Zone - Sebutkan Contoh Tokoh Kreatif dari Indonesia! - Di Indonesia, banyak tokoh-tokoh yang memiliki prestasi demi sumbangsihnya terhadap bangsa dan negara Indonesia, salah satunya adalah B.J. Habibie.

B.J. Habibie

B.J. Habibie selain pernah menjabat sebagai presiden pada awal masa reformasi, juga lebih dikenal sebagai seorang ahli pesawat terbang (aeronautika) terkemuka yang diakui keahlian dan keilmuannya secara internasional. Keahliannya dalam bidang aeronautika terutama mengenai keretakan struktur pesawat terbang.

Oleh karena itu, kalangan ahli aeronautika, Habibie dijuluki ‘’Mr. Crack’’. Latar belakang pendidikan Habibie membuatnya mampu mengembangkan PT Nurtanio menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Pada masa kepemimpinannya, IPTN berhasil memproduksi beberapa jenis pesawat terbang dan helikopter sebagai hasil kerja sama dengan industri pesawat terbang di dunia, seperti Boeing, Bell, Aerospatiale, MBB, dan CASA.

Sebutkan Contoh Tokoh Kreatif dari Indonesia!

Gun Gun Abdul Ghofur

Gun Gun Abdul Ghofur, mahasiswa fakultas psikologi, memperoleh prestasi di bidang akademik. Pria kelahiran Tasikmalaya, 3 Agustus 1983 ini sukses meraih gelar mahasiswa teladan tahun 2006 Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Selain itu, dia menyandang predikat lulusan 2006 terbaik.

Dari kisah Gun Gun di atas, ada satu hal yang dapat kita petik dan pelajari adalah kreativitas. Setiap orang dapat menemukan jalannya masing-masing. Kesuksesan orang lain mungkin menjadi inspirasi, tetapi kita sendirilah yang akan dapat menemukan jalan terbaiknya bagi kita.

Bagaimana caranya agar menjadi orang yang kreatif?

Ada beberapa hal yang dapat disebut sebagai pemicu agar menjadi orang yang kreatif, yaitu sebagai berikut:
  1. Berpikiran terbuka. Orang yang berpikiran terbuka memiliki kemungkinan yang tinggi untuk dapat hidup dalam segala situasi. Dengan berpikiran terbuka, kita akan berkeyakinan bahwa ”segala sesuatu adalah mungkin”. Jadi, terdapat berbagai kemungkinan jika kita mau berpikiran terbuka.
  2. Keingintahuan yang tinggi. Bagaimana cara orang dapat mengoperasikan komputer, maka kita dapat mencoba mempraktikkannya sehingga kita pun dapat mengetahui caranya. Hal yang sama dapat kita terapkan dalam berbagai bidang kehidupan kita. Ilmu matematika, ekonomi, sosiologi, dan fisika, semua lahir dari rasa ingin tahu manusia yang tinggi untuk menguak rahasia alam dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.
  3. Berani mencoba. Keberanian untuk mencoba sering kali menjadi awal kesuksesan seseorang. Sebelum Wright bersaudara mampu menciptakan pesawat bermesin yang dapat terbang, banyak sekali orang yang telah mencoba untuk terbang dengan menggunakan berbagai cara. Akan tetapi, Wright bersaudara tidak pernah melakukan percobaan untuk terbang. Kreativitas mereka sungguh luar biasa, karena keberanian untuk mencoba telah menjadikan impian mereka berubah nyata.
  4. Tidak mudah menyerah. ”Kegagalan adalah sukses yang tertunda”, begitu pepatah mengatakan. Keberanian untuk mencoba belum tentu akan menghasilkan sukses yang nyata jika tidak diiringi sikap pantang menyerah.
Sebutkan Contoh Tokoh Kreatif dari Indonesia! 4.5 5 Unknown Saturday, December 19, 2015 Pendidikan Zone - Sebutkan Contoh Tokoh Kreatif dari Indonesia! - Di Indonesia, banyak tokoh-tokoh yang memiliki prestasi demi sumbangsihny...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!