Contoh Soal Latihan PKn materi Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat

 on Tuesday, December 15, 2015  

Pendidikan Zone - Contoh Soal Latihan PKn materi Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat - Untuk menambah pemahaman akan segala hal tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berikut ini contoh soal latihan dan jawabannya:

Soal Latihan:
  1. Apa yang dimaksud dengan globalisasi dalam arti luas dan dalam arti ekonomi?
  2.  Sebutkan 2 faktor penting dan utama yang mempengaruhi globalisasi!
  3. Sebutkan sebab-sebab meningkatnya globalisasi!
  4. Apa saja tantangan atas globalisasi yang harus kita sikapi?
  5. Sebutkan sifat politik luar negeri Indonesia yang diterapkan dalam hubungan internasional sebagai wujud kerja sama antarnegara!
  6. Jelaskan dampak positif dari globalisasi!
  7. Jelaskan dampak negatif dari globalisasi dalam bidang politik!
  8. Jelaskan dampak negatif dari globalisasi dalam bidang ekonomi!
  9. Jelaskan dampak negatif dari globalisasi dalam bidang sosial budaya! 
  10. Sikap apa saja yang harus kita kembangkan untuk menghadapi dampak globalisasi?
Contoh Soal Latihan PKn materi Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat

Jawaban:
  1. Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (changes) dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalam arti ekonomi, globalisasi mengacu pada liberalisasi perdagangan atau perdagangan bebas (free trade).
  2. Dua faktor penting dan utama yang mempengaruhi globalisasi yaitu berkembang pesatnya teknologi komunikasi serta adanya integrasi ekonomi dunia.
  3. Sebab-sebab meningkatnya globalisasi adalah terjadinya perubahan politik dunia, adanya aliran informasi yang begitu cepat, dan berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan multinasional.
  4. Tantangan atas globalisasi, antara lain memberdayakan masyarakat, dunia tanpa batas, era baru kapitalisme, dan kesadaran warga-negara.
  5. Dalam hubungan internasional sebagai wujud kerja sama antarnegara, Indonesia menerapkan sifat politik luar negeri sebagai berikut: 1). Bebas dan aktif. 2). Antiimperialisme dan kolonialisme serta ikut melaksanakan ketertiban dunia. 3). Mengabdi pada kepentingan nasional dan amanat penderitaan rakyat. 4). Demokratis.
  6. Dampak positif globalisasi antara lain: 1). Di bidang politik, yaitu meningkatkan penegakan hukum dan pendewasaan demokrasi, meningkatkan kedewasaan dan kemanusiaan partai politik, dan meningkatkan perlindungan HAM. 2). Di bidang ekonomi, yaitu meningkatkan mutu produksi. 3). Bidang sosial budaya, yaitu meningkatkan kepribadian, sikap hidup, dan dampak berpikir sehingga tidak mudah terpengaruh budaya negatif. Hidup menjadi mudah dan murah; meningkatkan pendapatan masyarakat. 4). Bidang iptek, yaitu dapat menyerap iptek yang akan mendukung dan memperlancar pembangunan, lebih mudah mendapatkan informasi, dan memiliki wawasan lebih luas dalam memahami dan menangani persoalan. 5). Bidang sikap mental, yaitu meningkatkan budaya disiplin dan etos kerja sehingga meningkatkan hasil produktivitas dan prestasi kerja. 6). Bidang hankam, yaitu meningkatkan kewaspadaan dan ketahanan nasional, persatuan dan kesatuan bangsa, kesetiaan pada Pancasila, dan pemahaman Wawasan Nusantara sehingga terhindar dari separatisme, konflik sosial, dan disintegrasi bangsa.
  7. Dampak negatif dari globalisasi dalam bidang politik adalah sebagai berikut: Bidang politik - Meningkatkan euforia politik/kebiasaan/kebebasan politik yang berlebihan, yaitu kegiatan yang mengatasnamakan HAM dan demokrasi, tetapi memiliki target utama meraih kekuasaan lokal atau pusat.
  8. Dampak negatif dari globalisasi dalam bidang ekonomi adalah: Bidang ekonomi: (a) Membentuk jaringan global yang merangkul seluruh dunia dan mengarahkannya pada proses kendali negara yang mempunyai kekuatan ekonomi raksasa yang menimbulkan ketergantungan negara-negara miskin; (b) Menimbulkan kesenjangan kepemilikan modal yang mendorong timbulnya kesenjangan sosial ekonomi masyarakat.
  9. Dampak negatif globalisasi dalam bidang sosial budaya adalah: a) Menimbulkan pola hidup gesellschaft (perkembangan), artinya hubungan dan kerja sama antarorang atas dasar mencari keuntungan dan kegotongroyongan. b) Menimbulkan bahaya yang mengancam nilai-nilai kemanusiaan (hal-hal yang harus dihindari), antara lain, sebagai berikut. Hedonisme, materialisme, sekularisme, individualisme, egoisme, ekstrimisme, klitisme, eksklusivisme, glamoristik, dan konsumtif.
  10. Sikap yang harus kita kembangkan untuk menghadapi dampak globalisasi adalah sebagai berikut: a). Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari dampak negatif globalisasi. b). Giat meningkatkan kerja sama dengan negara lain. c). Menerima pengaruh budaya asing yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia (tanpa merusak struktur dan kultur lokal). d). Melestarikan sumber daya alam dari pencemaran global. e). Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab.
Contoh Soal Latihan PKn materi Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat 4.5 5 Unknown Tuesday, December 15, 2015 Pendidikan Zone - Contoh Soal Latihan PKn materi Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat - Untuk menambah pemahaman akan segala hal tenta...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!