Soal Ulangan Harian PKn Materi Usaha Pembelaan Negara

 on Thursday, November 12, 2015  

Pendidikan Zone - Soal Ulangan Harian PKn Materi Usaha Pembelaan Negara - Berikut ini contoh soal ulangan harian dan jawabannya untuk pelajaran PKn tentang Usaha Pembelaan Negara semoga bisa membantu.

Soal:
  1. Jelaskan pengertian negara?
  2. Sebutkan 3 unsur konstitutif negara menurut Mahfud M.D!
  3. Sebutkan tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945!
  4. Apa yang dimaksud dengan usaha bela negara itu?
  5.  Mengapa dalam kehidupan bernegara, aspek pertahanan merupakan faktor yang sangat penting?
  6. Mengapa sekarang ini semangat kebangsaan dan patriotisme menjadi penting untuk dihayati dan diamalkan oleh bangsa Indonesia?
  7. Sebutkan salah satu contoh wujud peran serta dalam usaha pembelaan negara!
  8. Selain menjadi TNI atau Polri, bagaimana caranya usaha pembelaan negara bisa kita wujudkan?
Soal Ulangan Harian PKn Materi Usaha Pembelaan Negara

Jawaban:
  1. Negara adalah sebuah organisasi kekuasaan yang terdiri dari kumpulan orang-orang yang mendiaminya dengan tujuan yang disepakati bersama. Selain itu, negara dapat juga diartikan sebagai organisasi kemasyarakatan secara politik atau lembaga politik atau dalam arti lebih sempit sebuah istitusi pemerintah.
  2. Negara memiliki beberapa unsur di dalamnya, yaitu rakyat, wilayah, dan pemerintah yang berdaulat. Ketiga unsur itu oleh Mahfud M. D. disebut sebagai unsur konstitutif. Selain ketiga unsur tersebut, perlu adanya unsur penunjang lainnya, yaitu pengakuan dunia internasional yang disebut dengan unsur deklaratif.
  3. Tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
  4. Usaha bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan pada negara dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara tersebut. Selain sebagai kewajiban dasar, upaya bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara. Pembelaan negara tersebut sepatutnya dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban demi pengabdian pada bangsa dan negara.
  5. Dalam kehidupan bernegara, aspek pertahanan merupakan faktor yang sangat hakiki dalam menjamin kelanjutan hidup suatu negara. Tanpa mampu mempertahankan diri terhadap ancaman dari luar negeri dan atau dari dalam negeri, suatu negara tidak akan dapat mempertahankan keberadaannya. Demikian pula, negara Indonesia yang bertekad bulat untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan.
  6. Semangat kebangsaan dan patriotisme tetaplah penting untuk dihayati dan sekaligus diamalkan, terlebih lagi bagi kita yang sekarang ini sedang menghadapi berbagai persoalan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan, seperti ancaman disintegrasi, gerakan separatisme, kerusuhan massa, dan berbagai konflik, baik konflik vertikal yang menyangkut hubungan antara pusat dan daerah maupun konflik horizontal, yakni pertentangan antarkelompok masyarakat. Dengan demikian, sangatlah dibutuhkan kesadaran rasa kebangsaan dan kecintaan pada tanah air, bangsa, dan negara.
  7. Salah satu wujud peran serta dalam usaha pembelaan negara adalah melalui sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata). Sishankamrata adalah sistem pertahanan dan yang bersifat semesta, artinya sistem ini melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya.
  8. Usaha pembelaan negara tidak harus kita wujudkan dengan menjadi TNI atau Polri, tetapi kita dapat mewujudkan dengan ikut serta dalam menjaga keamanan lingkungan. Partisipasi aktif warga negara ini pantas diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam keluarga (rumah), di sekolah, maupun lingkungan masyarakat.
Soal Ulangan Harian PKn Materi Usaha Pembelaan Negara 4.5 5 Unknown Thursday, November 12, 2015 Pendidikan Zone - Soal Ulangan Harian PKn Materi Usaha Pembelaan Negara - Berikut ini contoh soal ulangan harian dan jawabannya untuk pelaj...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!