Sebutkan Pengertian Perubahan Sosial-Budaya!

 on Tuesday, November 8, 2016  

Pendidikan Zone - Sebutkan Pengertian Perubahan Sosial-Budaya! - Masih ingat keadaan sekolah kita ketika masih SD? Bagaimana keadaannya, jalan-jalan yang sering kita lewati termasuk warung atau toko-tokonya, bangunan-bangunannya, dan orang-orang yang sering kita jumpai ketika itu? Apakah ada perubahan atau masih tetap seperti yang dulu?

Jika kita amati di sekitar kita, nampak bahwa anak-anak sekarang kebanyakan bermain gadget. Tentu berbeda dengan kebiasaan anak-anak jaman dulu yang menggunakan alat yang dibuat sendiri. Model permainannya juga berbeda. Kalau dulu anak-anak main petak umpet.

Jika ditelusuri perkembangan perubahan yang terjadi dalam masyarakat, bahwa perubahan itu berkaitan dengan adanya perbedaan, perbedaan itu berkaitan dengan waktu dan keadaan masyarakat. Pada masyarakat perkotaan tentu perubahan itu akan lebih cepat terjadi dibandingkan dengan masyarakat pedesaan.

Sebutkan Pengertian Perubahan Sosial-Budaya!

Berkaitan dengan perubahan budaya, kita dapat mengkaitkan dengan bentuk-bentuk kebudayaan itu. Budaya yang bersifat fisik lebih mudah berubah. Misalnya mode pakaian, potongan rambut, bentuk rumah, bentuk meja-kursi dan sebagainya.

Sedangkan budaya non fisik relatif lamban mengalami perubahan seperti, tradisi, sistem kepercayaan, etika, nilai dan norma-norma lainnya yang ada dalam masyarakat.

Berikut ini salah satu contoh definisi perubahan sosial budaya di antara sekian banyak definisi yang pernah dirumuskan oleh para ahli sosiologi.

Perubahan sosial budaya adalah perubahan pola perilaku, hubungan sosial, lembaga, dan struktur sosial pada waktu tertentu.

Difinisi lainnya perubahan sosial adalah segala perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan yang kemudian mempengaruhi nilai-nilai, sikap-sikap, pola-pola perilaku antara kelompok-kelompok yang terdapat dalam masyarakat.

Di samping perubahan dalam hal bentuk, ternyata perubahan itu juga berkaitan dengan fungsi. Hal ini
nampak dari fungsi Stupa Burubudur ketika dulu didirikan berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Budha, tetapi sekarang monumen itu lebih banyak berfungsi sebagai obyek wisata.

Dalam perubahan sosial dan budaya masyarakat ternyata ada budaya yang mudah berubah dan ada budaya yang lamban mengalami perubahan.
Sebutkan Pengertian Perubahan Sosial-Budaya! 4.5 5 Unknown Tuesday, November 8, 2016 Pendidikan Zone - Sebutkan Pengertian Perubahan Sosial-Budaya! - Masih ingat keadaan sekolah kita ketika masih SD? Bagaimana keadaannya, ja...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!