Sebutkan Contoh Bentang Darat dan Air di Kawasan Asia Tenggara yang Memiliki Peranan Penting bagi Kehidupan!

 on Wednesday, January 6, 2016  

Pendidikan Zone - Sebutkan Contoh Bentang Darat dan Air di Kawasan Asia Tenggara yang Memiliki Peranan Penting bagi Kehidupan! - Bentang Alam Kawasan Asia Tenggara - Secara garis besar bentang alam terdiri dari bentang darat dan bentang air.

Bentang darat merupakan bagian penting karena sebagian besar penduduk tinggal dan memperoleh kehidupan. Kawasan Asia Tenggara mempunyai bentang darat yang menyatu dengan Benua Asia, yang terdiri dari negara-negara Myanmar Barat, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam dan sebagian Malaysia.

Bentang darat yang berupa pulau atau serangkaian pulau yaitu negara-negara Singapura, sebagian Malaysia Timur, Indonesia, Brunei, Philipina dan Timor Timur.

Bentang air terdiri dari bentang air tawar di daratan dan bentang air asin di laut dan lautan. Kawasan Asia Tenggara mempunyai bentang air tawar berupa sungai, danau dan rawa.

Sungai-sungai besar sangat berperanan bagi penduduk Asia Tenggara. Peranan sungai bagi penduduk Asia Tenggara sangatlah penting sebagai sumber air untuk berbagai keperluan hidup, ikan, bahan tambang, prasarana lalu lintas dan tempat rekreasi.

Sebutkan Contoh Bentang Darat dan Air di Kawasan Asia Tenggara yang Memiliki Peranan Penting bagi Kehidupan!

Dari fungsi sungai tersebut, maka tumbuh dan berkembang kota-kota besar di pinggir sungai, sebagai contohnya:
  1. Kota Yangon (Myanmar) ditepi sungai Irawadi;
  2. Kota Bangkok (Thailand) di tepi sungai Chao Phraya;
  3. Kota Jakarta (Indonesia) ditepi sungai Ciliwung;
  4. Kota Ho Chi Minh (Vietnam) ditepi sungai Mekong; dan
  5. Kota Phnom Penh (Kamboja) ditepi sungai Mekong.
Danau-danau di kawasan Asia Tenggara merupakan tempat rekreasi yang banyak menarik wisatawan, yaitu di antaranya:
  1. Danau Thale Luang (Thailand),
  2. Danau Tonle Sap (Kamboja),
  3. Danau Toba, (Indonesia), dan
  4. Danau Poso (Indonesia).
Bentang air asin terdiri dari lautan (samudera) , laut, teluk dan selat. Seperti diketahui kawasan Asia Tenggara sebagian terletak di tepi Lautan (samudera) Hindia di sebelah Barat dan Selatan, sedangkan Lautan (samudera) Pasifik di sebelah Utara dan Timurnya.

Letak yang demikian menyebabkan Asia Tenggara mempunyai posisi strategis di berbagai bidang. Laut-laut yang ada di kawasan Asia Tenggara adalah sebagai berikut:
  1. Laut Andaman,
  2. Laut Cina Selatan,
  3. Laut Natuna,
  4. Laut Jawa,
  5. Laut Bali,
  6. Laut Sulawesi,
  7. Laut Banda,
  8. Laut Flores,
  9. Laut Maluku,
  10. Laut Arafuru,
  11. Laut Timor, dan
  12. Laut Sabu.
Teluk yang ada di kawasan Asia Tenggara adalah teluk Siam di sebelah selatan Mianmar dan barat dari Thailand, dan teluk Tonkin di timur Thailand, serta selatan Vietnam dan Kamboja.
Sebutkan Contoh Bentang Darat dan Air di Kawasan Asia Tenggara yang Memiliki Peranan Penting bagi Kehidupan! 4.5 5 Unknown Wednesday, January 6, 2016 Pendidikan Zone - Sebutkan Contoh Bentang Darat dan Air di Kawasan Asia Tenggara yang Memiliki Peranan Penting bagi Kehidupan! - Bentang Al...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!