Sebutkan 5 Sumber Daya Alam yang sangat Potensial di Kawasan Asia Tenggara!

 on Wednesday, January 6, 2016  

Pendidikan Zone - Sebutkan 5 Sumber Daya Alam yang sangat Potensial di Kawasan Asia Tenggara! - Sumber Daya Alam - Asia Tenggara mempunyai letak yang strategis disamping memiliki berbagai sumber daya alam yang potensial. Sumber daya alam ini dapat dilihat dari segi: persebaran, kuantitas maupun kualitasnya, potensi ekonomis dan fungsinya.

Pemahaman terhadap sumber daya alam, baik yang dapat habis (non renewable resources) seperti minyak bumi atau bahan tambang lain maupun yang dapat diperbarui (renewable resources) seperti hutan, peternakan, perikanan dan pertanian akan menanamkan kesadaran untuk dapat mengelola secara tepat dalam arti menjaga menggunakan dan mengolahnya, sehingga sumber daya alam itu tidak cepat habis, terutama sumber daya alam yang tidak dapat dperbaharui, dan bermanfaat bagi kehidupan penduduknya.

Diharapkan pemanfaatan sumber daya ini dapat berkelanjutan, tidak saja untuk generasi sekarang, tetapi juga untuk generasi yang akan datang.

5 Sumber Daya Alam yang sangat Potensial di Kawasan Asia Tenggara tersebut adalah:
  1. Letaknya yang sangat strategis;
  2. Hutannya yang luas dan kaya akan flora dan faunanya;
  3. Lautnya yang kaya akan biotanya;
  4. Tanahnya yang subur; dan
  5. Bahan tambang yang beraneka ragam.
Sebutkan 5 Sumber Daya Alam yang sangat Potensial di Kawasan Asia Tenggara!


1. Letaknya yang Strategis

Asia Tenggara terletak di dekat dua samudera, yaitu Samudera Pasifik di sebelah Utara dan Timur serta Samudera Hindia di sebelah Selatan dan Barat. Sehingga pelayaran ke dan dari kedua samudera tersebut harus melalui selat-selat Malaka, selat Sunda, dan selat Lombok.

Demikian pula Asia Tenggara menjadi penghubung negara-negara di Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Asia Selatan dengan negara-negara Asia Timur dan Australia, serta Selandia Baru.

Dalam hal ini maka negara Singapura menjadi negara transit terpenting bagi kegiatan ekspor impor, sekaligus tempat persinggahan kapal-kapal besar untuk mengisi bahan bakar, bahan-bahan makanan (perbekalan selama pelayaran) dan tempat perbaikan kapal (docking). Beberapa kota-kota pelabuhan di Indonesia, seperti: Medan, Riau, Palembang, Jakarta, Surabaya dan Makasar, dapat berfungsi sebagai kota transit seperti Singapura.

2. Sumber Daya Hutan

Berbagai jenis hutan yang terdapat dikawasan Asia Tenggara, yaitu hutan hujan tropis yang hijau sepanjang tahun, terdapat dipegunungan dan dataran, hutan musim, dan hutan bakau, serta sabana. Tentang hutan sebagai sumberdaya alam di Asia Tenggara dapat dibicarakan atau didiskusikan:
  1. Persebarannya meliputi hampir seluruh negara Asia Tenggara, kecuali Singapura: Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Brunei Darusalam dan Filipina. Kecuali Singapura.
  2. Kuantitas hutan di Asia Tenggara dihitung dari luasnya yang mencapai ratusan juta hektar, datanya dapat diambil dari masing-masing negara Asia Tenggara.
  3. Kualitas hutan di Asia Tenggara berupa hasil-hasil hutan yang beraneka ragam mulai dari kayu (banyak jenis, seperti: jati, meranti, keruing), rotan, getah-getahan, bahan obat-obatan, bambu, flora lain dan faunanya (macan, gajah, aneka primate, unggas dan reptil).
  4. Potensi ekonomisnya luar biasa karena hasil hutan dapat langsung dijual misalnya rotan, kayu glondongan/log, maupun setelah diolah menjadi kayu lapis, bahan bangunan maupun mebel.
  5. Fungsi hutan Asia Tenggara, terutama hutan hujan tropis, sebagai paru-paru dunia sangat diperhatikan komunitas dunia sehingga ketika terjadi kebakaran hutan maka seluruh dunia ikut memperhatikan dan memberi bantuannya. Hutan juga berfungsi sebagai: penyimpan air (reservoir), perlindungan terhadap jenis flora dan fauna tertentu (cagar alam dan suaka margasatwa), pendidikan dan rekreasi.
3. Sumber Daya Laut

Laut-laut yang ada di wilayah Asia Tenggara seperti Laut Jawa, Laut Timor, Laut Arafuru, Laut Sulawesi, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Natuna, Teluk Siam dan laut Andaman. Perairan ini mempunyai potensi sumber daya alam sebagai:
  • a. Sumber air hujan utama bagi beberapa negara melalui proses penguapan dan gerakan angin muson.
  • b. Sumber bahan tambang di dasar laut berupa minyak bumi, gas, timah dan bauksit.
  • c. Sumber bahan baku pembuatan garam.
  • d. Prasarana transportasi yang relatif murah.
  • e. Sumber bahan makanan berupa ikan, udang dan rumput laut.
  • f. Pantai dan laut merupakan tempat wisata bahari, seperti memancing, berlayar, surfing, snorkeling dan scuba diving (menyelam)
4. Sumber Daya Tanah

Tanah sebagai sumber daya alam adalah bentukan dari proses endogen dan eksogen sekaligus, melalui proses erosi ,transportasi, pelapukan dan sedimentasi. Tanah adalah media tumbuh berbagai tanaman yang akhirnya menjadi bahan makanan bagi hewan maupun manusia. Oleh karena itu tanah dan air menjadi sumberdaya yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup manusia.

Dalam hal ini Asia Tenggara mempunyai berbagai jenis tanah, mulai yang sangat subur karena berbahan baku batuan vulkanik yang berasal dari gunung berapi, dan endapaan aliran sungai (alluvial), serta tanah yang kurang subur karena berbahan baku kapur maupun gambut, serta akibat karena proses pencucian tanah akibat curah hujan yang tinggi (ilufiasi dan elufiasi).

Tanah-tanah subur tersebar di negara-negara Asia Tenggara (Myanmar, Thailand, Vietnam, kepulauan Filipina, Pulau-pulau di Indonesia, terutama yang dilalui oleh jalur gunung api yang aktif). Tanah tersebut terdapat pada daerah dataran aliran sungai dan dataran antar pegunungan berapi dan dataran rendah.Daerah ini merupakan. penghasil bahan makan, terutama beras yang cukup besar di dunia, perkebunan dan hasil pertanian lainnya, seperti palawija, buah dan sayuran.

5. Sumber Daya Bahan Tambang

Negara-negara di Asia Tenggara juga mempunyai potensi besar di bidang tambang. Malaysia dan Indonesia adalah penghasil bauksit dan timah yang cukup besar di dunia. Indonesia bersama Brunei Darusalam merupakan penghasil minyak dan gas bumi yang cukup penting. Barang tambang di Indonesia lainnya yaitu: batu bara (Sumatera dan Kalimantan), emas dan tembaga (di Papua).
Sebutkan 5 Sumber Daya Alam yang sangat Potensial di Kawasan Asia Tenggara! 4.5 5 Unknown Wednesday, January 6, 2016 Pendidikan Zone - Sebutkan 5 Sumber Daya Alam yang sangat Potensial di Kawasan Asia Tenggara! - Sumber Daya Alam - Asia Tenggara mempunyai ...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!