Interpretasikan Pola dan Bentuk Muka Bumi Negara Thailand!

 on Monday, January 4, 2016  

Pendidikan Zone - Interpretasikan Pola dan Bentuk Muka Bumi Negara Thailand! - Thailand adalah LUMBUNG ASIA. Mengapa Thailand disebut sebagai "Lumbung Asia" di kawasan Asia Tenggara? Jawabannya adalah karena saat ini Thailand adalah negara penghasil dan pengekspor beras terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Kawasan Suphan Buri, sekitar 150 km dari ibukota Thailand, Bangkok merupakan propinsi dengan tingkat produktifitas padi tertinggi di Thailand, dan Thailand selama beberapa tahun merupakan eksportir beras terbesar di dunia. Lahan di Suphan Buri bisa menghasilkan panen sampai 4 kali dalam setahun.

Hal tersebut di atas bisa kita lihat dari kondisi pola dan bentuk muka bumi Negara Thailand di dalam peta. Jika kita lihat peta Thailand, warna hijau yang menunjukkan daratan rendah di Thailand sangat mendominasi.

Interpretasikan Pola dan Bentuk Muka Bumi Negara Thailand!

Berapakah ketinggian daerah yang diberi warna hijau?

Warna hijau pada peta menunjukkan ketinggian suatu tempat maksimal 200 meter dpl. Dalam hal ini maka daerah itu termasuk daerah yang disebut dataran rendah.

Daerah dataran rendah di Thailand ternyata mempunyai pola yang mengelompok dan kompak, terdiri dari 3 kelompok besar dataran rendah, yaitu:
  1. Di bagian Selatan terdapat dataran rendah dengan bentuk yang memanjang dari kota Pran Buri di Utara sampai kota Patani di Selatan.
  2. Kemudian dataran rendah Chao Phraya relatif berbentuk empat persegi panjang dengan pojok-pojoknya kota Raheng, Phitsanulok, Ayutthaya dan kota Kanchanaburi.
  3. Sedangkan dataran rendah sebelah Timur berbentuk segitiga dengan kota-kota Udon Thani, Ubon dan Korat menjadi simpul segitiganya.
Dengan pola dan bentuk yang menguntungkan tersebut maka Thailand memanfaatkan daerah dataran rendah sebagai pusat pertanian terutama padi, sehingga Thailand menjadi negara pegekspor beras terbesar di dunia.
Interpretasikan Pola dan Bentuk Muka Bumi Negara Thailand! 4.5 5 Unknown Monday, January 4, 2016 Pendidikan Zone - Interpretasikan Pola dan Bentuk Muka Bumi Negara Thailand! - Thailand adalah LUMBUNG ASIA. Mengapa Thailand disebut sebag...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!