Sebutkan Prinsip-Prinsip Pokok Politik Luar Negeri Indonesia!

 on Sunday, November 22, 2015  

Pendidikan Zone - Sebutkan Prinsip-Prinsip Pokok Politik Luar Negeri Indonesia! - Berdasarkan pernyataan yang telah disampaikan oleh pemerintah pada tanggal 2 September 1948 di hadapan Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat, dapat kita temukan prinsip-prinsip pokok yang menjadi dasar politik luar negeri Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Menjalankan politik damai.
  2. Menjalin persahabatan dengan segala bangsa atas dasar saling menghargai dengan tidak mencampuri soal susunan dan corak pemerintahan negara masing-masing.
  3. Memperkuat sendi-sendi hukum internasional dan organisasi internasional untuk menjamin perdamaian yang kekal.
  4. Mempermudah jalannya pertukaran pembayaran internasional.
  5. Membantu pelaksanaan keadilan sosial internasional dengan berpedoman pada piagam PBB.
  6. Dalam lingkungan PBB berusaha menyokong perjuangan kemerdekaan bangsa-bangsa yang masih dijajah sebab tanpa kemerdekaan, persaudaraan, dan perdamaian internasional itu tidak akan tercapai.

Pada masa yang lalu, berdasarkan Ketetapan MPRS Nomor XII MPRS/1966 dan berdasarkan dokumen Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri Republik Indonesia (1984 – 1989) yang ditetapkan oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia tanggal 19 Mei 1983, ditegaskan bahwa sifat politik luar negeri Republik Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Bebas dan aktif.
  2. Antiimperialisme dan kolonialisme, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia.
  3. Mengabdi pada kepentingan nasional dan amanat penderitaan rakyat.
  4. Demokratis.
Sebutkan Prinsip-Prinsip Pokok Politik Luar Negeri Indonesia! 4.5 5 Unknown Sunday, November 22, 2015 Pendidikan Zone - Sebutkan Prinsip-Prinsip Pokok Politik Luar Negeri Indonesia! - Berdasarkan pernyataan yang telah disampaikan oleh pemeri...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!