Sebutkan Dampak Baik dan Buruk dengan Adanya Globalisasi!

 on Saturday, November 21, 2015  

Pendidikan Zone - Sebutkan Dampak Baik dan Buruk dengan Adanya Globalisasi! - Perkembangan dan kemajuan dunia sudah pasti mendatangkan dampak. Dampak yang timbul biasanya ada dampak baik dan buruk. Demikian juga dengan globalisasi.

Globalisasi bersama-sama memengaruhi dan dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu:
  1. politik
  2. ekonomi
  3. sosial, dan
  4. budaya.
Contoh Dampak Baik Globalisasi:
 
Sebutkan Dampak Baik dan Buruk dengan Adanya Globalisasi!
  1. Semua unsur atau faktor di atas digerakkan oleh perkembangan informasi dan teknologi komunikasi yang telah meningkatkan kecepatan dan lingkup interaksi antarmanusia di seluruh penjuru dunia. Contoh sederhana, momen piala dunia sepak bola di Jepang-Korea beberapa waktu yang lalu. Oleh karena jaringan televisi global, hampir semua pertandingan dapat disaksikan oleh lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia.
  2. Komunikasi yang semakin maju sebagai akibat globalisasi menyebabkan hubungan antarbangsa semakin tinggi, dan dimungkinkan akan semakin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri, terutama yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif.
  3. Hal ini merupakan kesempatan bagi bangsa kita untuk mengekspor produk kita ke luar negeri.
  4. Dengan adanya era globalisasi mengakibatkan adanya keterbukaan hubungan dengan bangsa lain.
Contoh Dampak Buruk Globalisasi:
  1. Selain menyebabkan terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri, era globalisasi membawa pengaruh nilai-nilai sosial budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
  2. Akibatnya, pola pikir, sikap hidup, dan perbuatan kita, mau tidak mau akan terpengaruh. Contohnya, minuman keras, pergaulan bebas, unjuk rasa di luar batas, dan lain-lain.
Untuk itu, kita harus segera menanggulanginya karena hal ini akan sangat merugikan masyarakat, bangsa, dan negara.
Sebutkan Dampak Baik dan Buruk dengan Adanya Globalisasi! 4.5 5 Unknown Saturday, November 21, 2015 Pendidikan Zone - Sebutkan Dampak Baik dan Buruk dengan Adanya Globalisasi! - Perkembangan dan kemajuan dunia sudah pasti mendatangkan damp...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!