Jelaskan 2 Faktor Utama yang Memengaruhi Globalisasi!

 on Saturday, November 21, 2015  

Pendidikan Zone - Jelaskan 2 Faktor Utama yang Memengaruhi Globalisasi! - Faktor-faktor yang memengaruhi globalisasi - Ada dua faktor penting dan utama yang memengaruhi globalisasi, yaitu berkembang pesatnya teknologi komunikasi dan adanya integrasi ekonomi dunia.

1. Berkembang pesatnya teknologi komunikasi

Berkembang pesatnya teknologi komunikasi dimungkinkan karena perkembangan infrastruktur teknologi dan telekomunikasi dunia. Di negara-negara yang infrastruktur komunikasinya sangat berkembang, di setiap rumah dan kantor dilengkapi dengan telepon, mesin fax, televisi kabel, dan digital, serta mail elektronik dan internet.
 
Internet merupakan sarana komunikasi yang paling cepat perkembangannya. Pada pertengahan tahun 1998, 140 juta orang mengguna-kan internet. Jumlah itu bertambah hampir lima kali lipat pada tahun 2001, di mana jumlahnya lebih dari 700 juta orang.
 
Jelaskan 2 Faktor Utama yang Memengaruhi Globalisasi!

Teknologi yang canggih tersebut membuat ruang dan waktu semakin sempit. Dua orang yang tinggal berjauhan di planet ini, misalnya di Labuan Bajo/NTT dan di London, tidak hanya dapat bercakap-cakap secara langsung dari kejauhan. Mereka dapat saling mengirim gambar atau dokumen dengan bantuan teknologi satelit.

Menjamurnya penggunaan internet dan telepon genggam mempercepat proses globalisasi. Semakin banyak orang terhubung (interconnected) melalui penggunaan teknologi internet dan telepon genggam, bahkan ke kampung-kampung terpencil yang sebelumnya hampir tidak dapat dibayangkan dapat menggunakan teknologi ini.

Meskipun perkembangan infrastruktur telekomunikasi tidak merata di seluruh belahan dunia, dewasa ini semakin banyak negara mengakses jaringan komunikasi internasional, yang pada dekade-dekade sebelumnya hampir mustahil diwujudkan.

2. Adanya integrasi ekonomi dunia

Globalisasi juga terjadi karena adanya integrasi ekonomi dunia. Berbanding terbalik dengan era-era sebelumnya, perekonomian global tidak lagi didasarkan pada pertanian atau industri, melainkan semakin didominasi oleh kegiatan perekonomian tanpa bobot (weightless economy) dan perekonomian tidak dapat diraba (intangible economy).

Perekonomian tanpa bobot (weightless economy) adalah perekonomian yang produknya adalah informasi, seperti perangkat lunak komputer, produk media dan hiburan, serta jasa berbasis internet. Orang sering menyebut masyarakat yang diwarnai oleh perekonomian tanpa bobot ini dengan bermacam-macam sebutan, antara lain, masyarakat post-industri atau masyarakat informasi, atau juga perekonomian berbasis pengetahuan (knowledge economy).

Perekonomian berbasis pengetahuan ditandai dengan munculnya banyak konsumen yang cakap teknologi dan yang mudah menguasai kemajuan-kemajuan terbaru dalam bidang komputerisasi, hiburan, dan telekomunikasi serta mempraktikkannya dalam kehidupan keseharian mereka.

Banyak aspek perekonomian sekarang bekerja melalui jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas negara. Agar dapat bersaing dalam abad globalisasi ini, banyak usaha dan perusahaan besar merestrukturisasi dirinya sendiri sehingga lebih fleksibel.
 
Praktik produksi dan pola organisasi menjadi lebih fleksibel, kerja sama dengan perusahaan lain di negara lain pun menjadi sesuatu yang lazim, dan partisipasi dalam jaringan distribusi dunia menjadi sangat penting jika berbisnis di tengah pasar global yang berkembang begitu cepat.
Jelaskan 2 Faktor Utama yang Memengaruhi Globalisasi! 4.5 5 Unknown Saturday, November 21, 2015 Pendidikan Zone - Jelaskan 2 Faktor Utama yang Memengaruhi Globalisasi! - Faktor-faktor yang memengaruhi globalisasi - Ada dua faktor penti...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!