Sebutkan 3 Pengaruh Politik Dunia Penggerak Meningkatnya Globalisasi!

 on Saturday, November 21, 2015  

Pendidikan Zone - Sebutkan 3 Pengaruh Politik Dunia Penggerak Meningkatnya Globalisasi! - Perubahan politik dunia - Menurut Anthony Giddens, ada sejumlah pengaruh politik yang menjadi kekuatan penggerak di balik meningkatnya globalisasi.

1. Runtuhnya Komunis

Paling menentukan, runtuhnya komunisme ala Soviet melalui serangkaian revolusi dramatis di Eropa Timur pada tahun 1989 yang berpuncak pada bubarnya Uni Soviet itu sendiri pada tahun 1991. Sejak jatuhnya komunisme, negara-negara di bekas blok Soviet, di antaranya Rusia, Ukraina, Polandia, Hongaria, Republik Ceko, negara-negara Baltik, negara-negara Kaukasus, Asia Tengah, dan banyak lagi yang lain, bergerak ke arah sistem ekonomi dan politik ala Barat. Pada saat yang sama, negara komunis Cina mulai terbuka terhadap bisnis kapitalis.

Negara-negara tersebut tidak lagi terisolasi dari masyarakat global (sebagaimana terjadi ketika mereka masih bergabung dengan Uni Soviet), tetapi menjadi satu (terintegrasi) di dalamnya. Runtuhnya komunisme memperkuat proses globalisasi dan juga dilihat sebagai akibat dari proses globalisasi itu sendiri. Perekonomian komunis yang dirancang secara terpusat dan terkontrol oleh penguasa komunis yang sangat ketat terhadap semua aspek kehidupan, membuat warga negara tidak sanggup bertahan di era baru yang ditandai dengan perekonomian global yang terintegrasi.

Sebutkan 3 Pengaruh Politik Dunia Penggerak Meningkatnya Globalisasi!

2. Munculnya mekanisme pemerintahan internasional dan regional

PBB dan Uni Eropa adalah dua contoh yang paling penting dari organisasi internasional yang menyatukan berbagai negara-bangsa (nation-state) ke dalam satu forum politik bersama. Jika PBB merupakan suatu asosiasi negara-bangsa di mana setiap anggotanya tetap memiliki kedaulatan penuh, Uni Eropa merupakan bentuk pemerintahan transnasional, yang di dalamnya setiap anggota melepaskan kedaulatannya dalam tingkat tertentu.

Pemerintahan di setiap negara Uni Eropa terikat oleh petunjuk, peraturan, dan hakim pengadilan dari badan-badan bersama Uni Eropa, tetapi juga memperoleh keuntungan ekonomi, sosial, dan politik dari partisipasi mereka dalam Uni Eropa tersebut.

3. Munculnya berbagai organisasi antarpemerintah (Intergovernmental Organizations/GOs) dan organisasi nonpemerintah internasional (International Non Governmental Organizations/INGOs).

Organisasi antarpemerintahan adalah sebuah badan yang dibangun untuk mengawasi kegiatan anggotanya dan bertanggung jawab untuk mengatur atau mengawasi kegiatan tertentu yang lingkupnya internasional.

Badan antarpemerintah yang pertama kali dibentuk adalah International Telegraph Union (Serikat Telegraf Internasional). Badan tersebut dibentuk pada tahun 1865.

Sejak saat itu, banyak badan serupa dibentuk untuk mengatur isu-isu yang berkisar pada penerbangan sipil, penyiaran, sampai pembuangan sampah berbahaya. Pada tahun 1909, ada 37 IGOs yang mengatur hubungan transnasional, sedangkan pada tahun 1996 sudah ada 260 IGOs.

Berbeda dengan organisasi antarpemerintah, INGOs tidak bergabung (berafiliasi) dengan pemerintah. Meski demikian, INGOs tetap dapat bekerja berdampingan dengan badan-badan pemerintah dalam membuat keputusan kebijakan atau membahas isu-isu internasional sambil tetap menjaga independensinya.

Beberapa INGOs terkenal (di antaranya Greenpeace, WWF/World Wide Fund for Nature, The Global Environment Network, Medecines Sans Frontieres/dokter lintas batas, palang merah, dan amnesti internasional) terlibat dalam usaha perlindungan lingkungan dan usaha-usaha kemanusiaan.
Sebutkan 3 Pengaruh Politik Dunia Penggerak Meningkatnya Globalisasi! 4.5 5 Unknown Saturday, November 21, 2015 Pendidikan Zone - Sebutkan 3 Pengaruh Politik Dunia Penggerak Meningkatnya Globalisasi! - Perubahan politik dunia - Menurut Anthony Giddens...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!