Jelaskan Pengertian Globalisasi dan Perkembangannya!

 on Wednesday, November 18, 2015  

Pendidikan Zone - Jelaskan Pengertian Globalisasi dan Perkembangannya! - Globalisasi sering digambarkan sebagai sebuah gejala ekonomi. Gejala ekonomi adalah keadaan yang menjadi tanda-tanda akan timbulnya atau terjadinya masalah perekonomian, terutama dengan munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan transnasional yang beroperasi melintasi batas-batas negara, memengaruhi proses produksi global, dan penyebaran (distribusi) tenaga kerja internasional.

Multinasional adalah suatu fenomena, kejadian, peristiwa, berbagai aktivitas yang melibatkan banyak negara. Adapun transnasional adalah berkenaan dengan perluasan atau keluar dari batas-batas negara. Meski kekuatan ekonomi (economic forces) merupakan bagian yang integral dari globalisasi, keliru jika kita beranggapan bahwa globalisasi itu hanya terbatas sebagai gejala ekonomis.

Jelaskan Pengertian Globalisasi dan Perkembangannya!

Pengertian Globalisasi

Secara etimologis atau asal usul kata, globalisasi berasal dari kata globe (bahasa Inggris) yang berarti dunia. Dari kata itu, dikenal istilah globalisasi (globalization) yang berarti proses mendunia.

Dalam bidang apa saja proses mendunia itu berlangsung?

Globalisasi komunikasi dan informasi diikuti oleh kecenderungan global (global trends) pada berbagai bidang, yakni globalisasi ekonomi, perdagangan, politik, kebudayaan, dan lain-lain.

Globalisasi oleh sementara orang sering dipahami secara sederhana sebagai tren ke arah kemajuan atau kehidupan yang semakin modern, mengikuti kemajuan yang telah dicapai oleh negara-negara maju (barat).

Globalisasi mengacu pada keberagaman hubungan dan keterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern.

Pengertian Globalisasi menurut A.G. McGrew

Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain (A.G. McGrew, 1992).

Pengertian globalisasi menurut Wikipedia Encyclopedia

Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (changes) dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan.

Dalam arti ekonomi, globalisasi mengacu pada liberalisasi perdagangan atau perdagangan bebas (free trade).

Perdagangan bebas (free trade) artinya perihal dagang, urusan dagang/perniagaan yang dilakukan secara bebas dinegara-negara di dunia.

Pengertian globalisasi menurut Bank Dunia

Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.

Globalisasi dapat diartikan perubahan yang mendunia, maksudnya dunia yang begitu luas dan jarak antara negara yang satu dengan negara yang lain meskipun jauh tidak menjadi penghalang untuk saling berhubungan.

Dalam kenyataan yang kita rasakan, bahwa globalisasi telah membawa perubahan dalam perilaku kehidupan masyarakat. Dan tidak dapat disangkal lagi bahwa kemajuan iptek membawa pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat, baik di bidang ekonomi, sosial, politik, dan budaya.
Jelaskan Pengertian Globalisasi dan Perkembangannya! 4.5 5 Unknown Wednesday, November 18, 2015 Pendidikan Zone - Jelaskan Pengertian Globalisasi dan Perkembangannya! - Globalisasi sering digambarkan sebagai sebuah gejala ekonomi. Geja...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!