Sebutkan 3 Tahapan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) dalam Upaya Merebut Irian Barat!

 on Tuesday, February 23, 2016  

Pendidikan Zone - Sebutkan 3 Tahapan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) dalam Upaya Merebut Irian Barat! - Tokoh-tokoh yang besar jasanya dalam pembebasan Irian Barat adalah Mayjen
Soeharto, Komodor Yos Sudarso, Kapten Laut Wiratno, Kolonel Sudomo, dan Kolonel Udara Wattimena. Selain itu juga sukarelawati “Srikandi” Herlina yang banyak jasanya dalam pembinaan Teritorial. Herlina mendapat hadiah Pending Emas dari Pemerintah dalam pembebasan Irian Barat secara heroik. Pengalamannya dibukukan dalamkarya tulis yang berjudul Pending Emas.

Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) - Sebagai wujud perjanjian New York, sebelum akhir tahun 1969 diselenggarakan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera).

Adapun pelaksanaan Pepera ditempuh melalui tiga tahap, yaitu:

Sebutkan 3 Tahapan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) dalam Upaya Merebut Irian Barat!

  1. Tahap pertama, dimulai pada tanggal 24Maret 1969 dilakukan konsultasi dengan dewan-dewan kabupaten di Jayapura mengenai tata cara penyelenggaraan Pepera.
  2. Tahap kedua, yaitu pemilihan Anggota Dewan Musyawarah Pepera yang berakhir pada bulan juni 1969 dengan dipilihnya 1.026 anggota dari delapan kabupaten, terdiri dari 983 pria dan 43 wanita.
  3. Tahap ketiga, adalah pelaksanaan Pepera yang di berlakukan di kabupaten-kabupaten, mulai tanggal 14 Juli 1969 di Merauke dan berakhir pada tanggal 4 Agustus 1969 di Jayapura.

Hasil Pepera selanjutnya dibawa ke forum PBB, oleh utusan sekjen PBB Ortis Sanz untuk di laporkan dalamSidangUmumPBBke-24 (November 1969).

Pada tanggal 19 November 1969 Sidang Umum PBB menyetujui Resolusi Belanda, Malaysia, Muangthai, Thailand, Belgia, Luxemburg, dan Indonesia agar Sidang Umum PBB menerima hasil-hasil Pepera yang telah dilaksanakan sesuai dengan isi Persetujuan New York.

Dewan musyawarah Pepera dengan suara bulat memutuskan bahwa Irian Barat tetap merupakan bagian dari Republik Indonesia. Pelaksanaan Pepera dalam tiap tahapnya disaksikan oleh utusan Sekjen PBB Ortis Sanz. Pada sidang Dewan Musyawarah Pepera dihadiri oleh beberapa duta besar asing di Jakarta, antara lain Dubes Australia dan Dubes Belanda.
Sebutkan 3 Tahapan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) dalam Upaya Merebut Irian Barat! 4.5 5 Unknown Tuesday, February 23, 2016 Pendidikan Zone - Sebutkan 3 Tahapan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) dalam Upaya Merebut Irian Barat! - Tokoh-tokoh yang besar jasanya d...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!