Mengapa Tubuh Manusia Dilengkapi dengan Sistem Ekskresi?

 on Saturday, August 8, 2015  

Pendidikan Zone - Mengapa Tubuh Manusia Dilengkapi dengan Sistem Ekskresi? - Setiap saat, sel-sel tubuh mengeluarkan zat sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi. Bila tidak, zat sisa akan menjadi racun yang membahayakan tubuh. Oleh karena itu tubuh manusia dilengkapi dengan sistem ekskresi.

Ekskresi adalah merupakan proses pengeluaran sisa hasil metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Zat sisa metabolisme bersifat racun bagi tubuh. Oleh karena itu kerusakan pada alat ekskresi dapat menyebabkan berbagai penyakit di dalam tubuh.

Mengapa Tubuh Manusia Dilengkapi dengan Sistem Ekskresi?

Alat ekskresi juga berfungsi membuang zat-zat yang jumlahnya berlebihan di dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan sistem osmoregulasi, yaitu pengaturan keseimbangan konsentrasi cairan dalam tubuh.

Sistem osmoregulasi menjaga tekanan osmotik cairan tubuh selalu tetap. Osmoregulasi biasanya berkaitan dengan pengaturan jumlah air dan garam mineral dalam tubuh.

Terdapat 4 organ ekskresi pada tubuh manusia, yaitu berupa:
  1. ginjal
  2. kulit
  3. hati, dan
  4. paru-paru.
Mengapa Tubuh Manusia Dilengkapi dengan Sistem Ekskresi? 4.5 5 Unknown Saturday, August 8, 2015 Pendidikan Zone - Mengapa Tubuh Manusia Dilengkapi dengan Sistem Ekskresi? - Setiap saat, sel-sel tubuh mengeluarkan zat sisa metabolisme y...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!