Soal Latihan IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dan Kunci Jawaban

 on Monday, August 29, 2016  

Pendidikan Zone - Soal Latihan IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dan Kunci Jawaban - Berikut ini contoh soal latihan IPS yang disertai dengan kunci jawabannya tentang pokok bahasan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Soal:
  1. Mengapa Belanda masih ingin berkuasa kembali di Indonesia?
  2. Berikan contoh peran serta internasional dalam penyelesaian konflik Indonesia-Belanda!
  3. Sebutkan dampak terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda terhadap keberadaan NKRI!
  4. Berikan contoh perundingan/perjanjian sebagai strategi diplomasi dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia!
  5. Sebutkan keputusan penting dari Konferensi Meja Bundar (KMB)!
  6. Berikan contoh salah satu perlawanan bersenjata yang dilakukan dibanyak daerah, dalam rangka mengusir Belanda dari tanah Indonesia!

Soal Latihan IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dan Kunci Jawaban

Kunci Jawaban:
  1. Walaupun Sukarno-Hatta telah memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945, ternyata Belanda masih ingin berkuasa kembali di Indonesia. Hal ini disebabkan setelah berakhirnya Perang Dunia II, Sekutu yang memiliki hak untuk mengambil alih Indonesia terlambat datang ke Indonesia. Ketika Sekutu datang, ternyata diboncengi oleh NICA. Selain itu kekayaan alam Indonesia yang sangat melimpah sangat menarik Belanda untuk menguasainya.
  2. Dalam penyelesaian pertikaian antara Indonesia-Belanda, terdapat peran dunia internasional baik dalam artian bilateral (antar negara) maupun melalui lembaga yang ada seperti PBB.
  3. Terjadinya konflik antara Indoneia dengan Belanda ini membawa dampak terhadap keberadaan NKRI. Ketika berdiri RIS, NKRI hanya merupakan salah satu negara bagian dalam RIS.
  4. Dalam rangka mempertahankan kemerdekaan, strategi yang dilakukan adalah melalui diplomasi dan perang gerilya. Dalam diplomasi banyak perundingan dilakukan seperti perjanjian Linggajati, Renville, Roem Royen dan Konferensi Meja Bundar.
  5. Keputusan yang penting dari KMB adalah: (a). Pengakuan kedaulatan dalam bentuk RIS (b). Masalah Irian Barat ditunda selama satu tahun.
  6. Perlawanan bersenjata dilakukan dibanyak daerah, dalam rangka mengusir Belanda dari tanah Indonesia. Peristiwa 10 Nopember 1945 di Surabaya diperingati sebagai hari pahlawan, yang oleh bangsa Indonesia diperingati setiap tahun.
Soal Latihan IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dan Kunci Jawaban 4.5 5 Unknown Monday, August 29, 2016 Pendidikan Zone - Soal Latihan IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dan Kunci Jawaban - Berikut ini contoh soal latih...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!