Pendidikan Zone - BAB V dan Daftar Pustaka PTK Matematika Kenaikan Pangkat Kelas 6 Penggunaan Media Konkret - Berikut ini contoh PTK dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Konkret pada Siswa Kelas VI SD Negeri ....
Bagi Bapak atau Ibu Guru yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke HP: 081328239660.
Bagi Bapak atau Ibu Guru yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke HP: 081328239660.
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri ..... Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari persentase hasil yang diperoleh pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II.
Sebelum tindakan dilakukan, sebagian besar siswa masih belum tuntas belajar dan hanya … siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi … anak (66,7%) dari … siswa. Pada tindakan siklus II siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi … anak (96,7%) dari jumlah total … siswa.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, saran yang disampaikan adalah sebagai berikut:
a. Siswa disarankan agar terus menerus berlatih menghitung luas bangun datar melalui benda-benda yang berada di lingkungannya agar dapat meningkatkan pemahamannya terhadap konsep luas bangun datar.
b. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menghitung luas bangun datar, para guru hendaknya memberikan latihan secara rutin, baik tugas yang harus dikerjakan di sekolah maupun tugas yang harus dikerjakan di rumah yang berupa PR.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad. (2002). Media dan Alat Bantu Pembelajaran. Jakarta: CV Mandiri
Basyirudin Usman. (2002). Materi Pokok Dasar-Dasar Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Demaja, Christiana. 2004. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar. Artikel. http://artikel1.us/christiana6-04.html/
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne, RM., Briggs, L.J. 1979. Principles of Instructional Design. Holt. Rinehart and Winston.
Hilgard, Ernest R. 1948. Theories of Learning. East Norwalk, CT, US: Appleton-Century-Crofts.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
Puskur-Dit. PTKSD. (2003) Kurikulum 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rahmanelli. 2005. Skolar Jurnal Kependidikan. Vol 6. Nomor 2. Padang. UNP.
Ruseffendi. 1996. Pendidikan Matematka 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sardiman. 2009. Teori Pembelajaran. Jakarta: Karya Mandiri
Sudiarto. 1990. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Suharsimi Arikunto. 1993. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suharsimi Arikunto. 1997. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suharsimi Arikunto. 2003. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumanto, Y.D. 2008. Gemar Matematika 6. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Baca juga:
- BAB IV PTK Matematika Kenaikan Pangkat Kelas 6 Penggunaan Media Konkret
- Daftar judul PTK Kenaikan Pangkat SD
Silahkan SMS ke HP: 081328239660 jika Bapak Ibu Saudara menginginkan contoh PTK lengkapnya. Demikian semoga bisa membantu.
No comments:
Post a Comment
Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!