Sebutkan 3 Bidang Bentuk Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara Asia Tenggara!

 on Saturday, January 9, 2016  

Pendidikan Zone - Sebutkan 3 Bidang Bentuk Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara Asia Tenggara! - Kerjasama Indonesia dengan negara-negara di Kawasan Asia Tenggara - Sebagai sebuah Negara, kita tidak dapat hidup sendirian, demikian pula Indonesia, meskipun terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, namun membutuhkan keahlian negara lain untuk mengolah dan memanfaatkannya.

Layaknya hidup bertetangga, maka Indonesia selalu berhubungan, saling mengisi, saling menolong dan bersama-sama menciptakan hidup berdampingan secara damai.

Hal itu diwujudkan dengan berbagai bentuk kerjasama. Bentuk kerjasama itu dapat antar negara, contohnya Indonesia dengan Singapura, Indonesia dengan Australia dan Indonesia dengan Thailand.

Masing-masing menempatkan duta besar atau konsul jendral untuk mewakili negaranya dalam berbagai urusan dengan negara lain.

Bentuk kerjasama itu dapat juga dalam organisasi yang sengaja dibentuk misalnya ASEAN yang berdiri sejak tahun 1967. Di dalam ASEAN kita saling kerjasama di bidang politik, ekonomi, soaial dan budaya.

Sebutkan 3 Bidang Bentuk Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara Asia Tenggara!

Setiap dua tahun sekali diselenggarakan Pesta Olah Raga Asia Tenggara (SEA Games). Para atlet saling bertanding untuk mejadi juara, berkompetesi secara sportif dan mengembangkan saling pengertian dan saling memahami budaya masing-masing bangsa Asia Tenggara.

Bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara, terdapat dalam berbagai bidang, contohnya:
  1. Bidang politik: Indonesia menempatkan duta besarnya di seluruh negara-negara Asia Tenggara.
  2. Bidang Ekonomi: Indonesia membeli beras dari Thailand, Myanmar dan Vietnam Indonesia tempat berinvestasi negara-negara Thailand (pabrik makanan ternak Charon Phokpand), dan Singapura (bidang jasa keuangan). Indonesia mengrimkan tenaga kerja ke Malaysia dan Singapura.
  3. Bidang Budaya: Artis Malaysia dan Indonesia saling pentas dalam acara Titian Muhibah.
Sebutkan 3 Bidang Bentuk Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara Asia Tenggara! 4.5 5 Unknown Saturday, January 9, 2016 Pendidikan Zone - Sebutkan 3 Bidang Bentuk Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara Asia Tenggara! - Kerjasama Indonesia dengan negara-nega...


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini!